Sistem komunikasi pendidikan

Sistem komunikasi pendidikan

Oleh : I Gede Ida Selamet Satriya (TP Undiksha 2007)

Sistem; totalitas/sesuatu yang menyeluruh dimana didalamnya tedapat bagian*/sub* yang mewmiliki hubungan erat.(siswa,guru,sarana/prasarana,tujuan,materi.)

Pd dasarnya sistem dbagi 2:

a. Terbuka; sistem yang membuka dirinya terhadap lingkungannya.(sistem pasar,partai)

b.Tertutup; sitem yag menutup diri tarhadap lingkungan(mesin sepeda motor)

Komunikasi; proses penyampaian pesan memlalui saluran/oleh sumber pesan kpada penerima pesan.

  1. Pd dasarnya; komunikasi: hububngnan/kejadia* yg ada kaitannya dgn masalah hubungan,dan atau menukar pikiran.
  2. Wilbur schram; brsl dr bhs latin”communis” sepadan dengan common(sama). Apabila kita hendak ko unikasi, maka dlam dr kita akan  muncul persepsi bhwa hasil komnksi adalh berupa wujud persamaan diantara kita.
  3. Hovland; merupakan suatu proses dmana seseorang memindahkan perangsang yang biasanya berupa lambang* kata* untuk mengubah tingkahlaku orang lain.

Pendidikan;

a. Tradisional, bantuan yang diberikn oleh si pendidik(orang dewasa) kpd anak didik/orang yg belum dewasa agar anak itu menjadi dewasa.

b.Modern, proses interaksi manusiawi yang ditandai oleh adanya keseimbangan antara kedaulatanm subyek didik(siswa) dengan kewibawaan pendidik(guru)

c. Brdasarkan UU; UU-RI no.1 th 1989 tntang “sistem pendidiakan nasional”(pasal1) pendidikan merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan,pengAJaran,dan/atau latihan,bagi peranya dimasa yang akan datang.

UU-RI no.20 th 2003…

Komponen kom.

  • MED

    komunikator

  • Pesan
  • KKN

    KTR

    Media

  • HSL

    PSN

    Komunikan

  • Hasil
  • MED

    Tujuan

Proses kom.

  • Proses primer, penyampaian informasi(pikiran,perasaaan) dari seseorang kepada morang lain dengan menggunakan lambang atau simbol* sebagai medianyas.
  • Proses skunder,  dimana suatu proses komnkasi yang berlangsung menggunKn alat/sarana sebagai medianya.

Bentuk Kom

  1. Kom personal
    1. Kom intrapersona, bentuk kom ini menunjuk pd suasana batin antara YA dan TIDAK mengenai sesuatu yang bergejolak dalam hati maupun dalam diri seseorang.
    2. Kom. Antar persona, bentuk kom yg menunjukkan pd hubungan antara manusia dg  manusiayg lain/hubungan antar sesama manusia.(percaya-terbuka-sikap sportif)
    3. Kom kelompok
      1. Kom kel kecil(ceramah,diskusi panel,simposium,seminar,sumbang saran)

Ceramah; suatu bentuk komunkasi, interaksi beljr-mengjar, mengenai penyajian fkta* dan prinsip* yg dlkukan mlalui pnjelsan/pnutupn scra  lisan oleh guru thdp skelompok peserta didik.

Diskusi panel; suatu bentuk diskusi yg dipentaskn thdp sjumlah partisifan/pndengar.

Simposium; suatu prtemuan untk mninjau aspek* suatu pkok maslh, atau mngumpulkn bebrapa sudut pndang ttng mslh trsbut yg dlkukan dimuka sjumlh pndengar.

Seminar; mrupkn tempt beljr, bentuk bljr mngjar brklompok(10-15 orng) mngdkan pndlaman/pnylidikn scra trsndiri/brsma* thdp berbgai mslh dgn bimbingan scra cermat oleh seorang /lebih pengjr pd wktu trtentu.

Sumbang saran; suatu proses mnyumbangkn ide* baru tnpa dinilai segra.

  1. Kom kel besar, proses kom dmn komunikator berhdpn lngsug dgn massa/komunikan dlm bentuk jamak.

c. Kom massa, suatu komksi yang berbntuk surat kabar, radio, TV, dan film yg memiliki sasaran yaitu massa.

Sipat* kom.

  1. Tatap mukakom yg dlkukan dgn tatap muka lngsug tnpa mnggunkn media(face to face)
  2. Kom bermedia, ini dlkukn dgn media karena jumlh sasarn trllu besar, lokasi yg jauh, yaitu dgn alat seprti surat kabar, radio, TV,
  3. Kom Verbal,

-          Kom verbal lisan, ini komkator maupun komkan sngt dituntun mnguasai bhsa lisan/ kelihaian mreka dlm berbicara/berkomksi.

-      Kom verbal tulis/ctak, ini lebih bisa dipertnggugjwabkn kren mggunakn tulisn/cetakn, utk mghindri penfsiran keliru mka prlu mmprhtiikn pggunaan tnda baca, ejaan,dll.

  1. Kom non verbal, ini kom yg tnoa mggunkan kata*(lisn/tulis)

Tujuan kom.

-        Trjadinya perubahn sikap/attitude change

-        Terjdinya perubhan pndpt

-        Terjdinya perubhan prilaku

-        Terjdinya perbhan sosial

Fungsi  kom

-        Penjajagan lingkungan

-        Mnghubungkn bagian* yg terpisah dari dan utk mnanggapi lingkungan.

-        Mnurunkan warisan sosial dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Metode kom

  1. Jurnalistik, kgiatan dalm kom yg dlkukn dgn cara menyiarkan berita/ulasannya mngnai berbagai perirtiwa.
  2. Hubunan masyrkt, kegiatn utk menanmkan dn mproleh pngrtian, good-will, kprcayaan, pnghrgaan kpd publik.
  3. Periklanan, IKLAN; penyewaan ruangan dlm media massa yg bertujuan utk mperkenlkan Good-will jasa/barang.

REKLAME; bntuk prnyataan yg mggunakan tenaga pngikat yg dlkukn produsen utk mpengaruhi konsumen agr penjualan barng n jasa mnjadi brtmbah baik.

  1. Pameran, penyajian visual dgn benda* 2/3 dimensi dgn mksud mngkomunikasikn ide/imformasi kpd orng bnyak. Tujuan : mpertontonkn,mperlihtkn,mprkenlkn, mragakn,
  2. Publisitas, kom dgn mberikn hand-out yaitu berita* ygbsudah tersusun rapi, disiarkn mlalui release(siap utk dmuat)/ dgn myiapkn kjdian yg amat mnarik para wartawan utk myiarkn/memuatnya.
  3. Propaganda, kampanye yg sengja dgn sengja mngjak/mbimbing utk mpengaruhi/mbujuk orng guna mnerima suatu pndngan,sentimen,ide,atau nilai.
  4. Perang urat syaraf, istilah baru nagi gagsan lama ttng bgaimna caranya mmnangkan perang tnpa kekuatn.
  5. Penerangan, mennamkan komnikasi obyek dmna imformasi yg diterima komnikan dpt berupa fakta* dan bukn bersipt propaganda.

Model* kom

  1. Model jarum injeksi: hal yag mlatarblakangi model ini adlh kykinan bhw khalayak bersikp pasif thdp brbagai mcm imformsi, sbliknya media-lah yg aktif utk mpengaruhi audience.
  2. Model alir satu tahap, ini h,pir msama dg injeksi yaitu saluran media massa lngsug berhubungan dg audiencenya.
  3. Model alir dua Tahap, modl ini mngasumsikan bhw pesan* mdia massa tdk sluruhnya lngsug mngenai audince, ini dikenl pihak* trtentu yg mbawa pesan dari media ke masyarakat.
  4. Model alir banyak tahp, mnytakan bahw pesan* media mnyebar kpd audience/khalayak mlalui interkasi yg komplek.

Bidang* kom

-          komkasi sosial

-          kom manajemen/organisai

-          kom politik

-          kom inernasional

-          kom perusahaan

-          kom pembangunan

-          kom lingkungan

-          kom antarbudaya

-          kom tradisional

-          kom pendidikan

efektivitas kom

syarat yg dpnuhi:

  1. mampu mbina hubgn yg akrab,hangt, mesra dg org lain.
  2. Mmpu membaca situasi n kondisi.
  3. Mmliki ksesuaian pngetahuan
  4. Harus ada 3 unsur : komnktor, kmnikan, pesan.
  5. Komktor hrs dp mnyntuh kbtuhan komkan.
  6. Isi pesan hars mnarik n berpegngan pd AIDDA
  7. Tdk dtmui hmbatn dlm komksi.

Ada 5 faktor: pengertian, kesenngan, sikp positif, hubngn yg baik, n tindakan.

Hambatan kom.

-  Gangguan geografis(lokasi brjauhan)

-  Gnguan sosial-budaya

- Gnguan teknis

- Gnguan biologis

- Gnguan yg bersumber pd noice-factor(suara)

- Gnguan yg bersumber pd tiadanya motivasi

- Gnguan prasangka

- Gnguan krn faktor sematik

About these ads

Posted on November 19, 2011, in Kuliah_Ku. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: