Desain Web E-Learning

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : I Gede Ida Selamet S.

NIM : 0711021055

Program Studi/Jurusan : S1/Teknologi Pendidikan

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Pemrolehan SKS : 130 SKS

Mengajukan:

(1) Judul Skripsi/TA:

Desain Web E-Learning Sebagai Sebagai Alternatif Pembelajaran di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

(2) Latar Belakang:

Dalam pendidikan di Indonesia, dialog/komunikasi antara guru dengan siswa mendapat porsi besar. Hal ini terbukti dengan adanya pembelajaran tatap muka di kelas yang sudah menjadi rumus umum dalam pendidikan. Adanya keterlibatan langsung antara pendidik dengan peserta didik membuat hubungan emosi yang ada dalam pembelajaran yang bersifat tatap muka ini menjadi lebih intens. Hal yang selalu harus dijaga dalam sistem pembelajaran yang bersifat tatap muka di dalam kelas adalah adanya kehadiran pendidik dan peserta didik secara synchronous (komunikasi dilakukan di tempat dan waktu yang yang telah ditentukan). Apabila hal ini tidak terjaga secara intens, maka pembelajaran yang bersifat tatap muka ini akan terganggu. Hal ini menjadikan pembelajaran tatap muka di dalam kelas kurang praktis bagi beberapa orang, karena tidak semua orang dapat melakukan hal tersebut secara intens (berhubungan dengan masalah pekerjaan, kesehatan dan hal-hal lain yang mendesak).

(3) Masalah:

– Seperti halnya lembaga pendidikan formal pada umumnya, metode yang digunakan dalam pembelajaran di UNDIKSHA khususnya Jurusan Teknologi Pendidikan sebagian besar menggunakan sistem pendidikan “tradisional” yaitu pendidik dan peserta didik bertemu pada suatu tempat dan pada waktu tertentu (tatap muka di dalam kelas secara synchronous).

– Adanya berbagai kegiatan para pendidik yang mempunyai kegiatan diluar pembelajaran ataupun ada jam mata kuliah yang sama dan saling bertabrakan dengan jurusan lain atau dengan semester lain di satu jurusan, sehingga pendidik tidak dapat melakukan tugas (dalam kelas) dengan baik.

– Ada peserta didik yang tidak bisa menghadiri pembelajaran di kelas karena harus menghadiri seminar, keperluan organisasi dan bahkan harus berkerja.

Posted on August 22, 2010, in Kuliah_Ku. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s