Apa itu Teknolog (Technolog) ?

Karir klise di masyarakat kita adalah bekerja sebagai dokter, insinyur, dosen, manajer, direktur, marketing, sales. Karir sebagai teknolog sangat tidak dikenal.

Pekerjaan teknolog menyangkut pengambilan keputusan strategis dalam pengembangan perusahaan yang berhubungan dengan pemakaian teknologi baru. Teknologi itu diharapkan memberikan dukungan kepada perusahaan untuk bisa berproduksi dengan baik dan efisien, dan mempermudah operasional.

Teknolog berbeda dari teknisi. Kalau teknisi selalu memegang barang-barang teknik dalam pekerjaan sehari-hari untuk dioperasikan atau perbaiki. Tapi teknolog justru tidak memegang barang-barang itu, tapi lebih ke penentuan filosofi teknologi dan pengambilan keputusan mengenai aplikasi teknologi dan pembaruannya, termasuk riset atau penelitiannya.

Seorang teknolog akan melakukan kajian teknologi baru apa yang paling tepat dipakai. Apa keuntungan dan berapa biayanya. Berapa tahun balik modal, dan apakah ada resiko terhadap keselamatan, kesehatan, lingkungan, sosial, keuntungan ekonomi dan reputasi perusahaan.

Salah satu contoh teknolog yang terkenal di negara kita adalah Pak B. J. Habibie, mantan presiden kita. Beliau menentukan strategi pengembangan penguasaan teknologi bangsa, membangun industri teknologi tinggi dan merencanakan penguasaan teknologi ke depan.

Nah, setelah membaca tulisan ini tentunya pembaca sekarang sudah lebih mengetahui satu lagi potensi karir yang terbuka kan. Siapa tahu berminat juga untuk berkecimpung di dalamnya seperti yang penulis dalami.

Posted on January 3, 2011, in Kuliah_Ku. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: