RPP SMP Kelas VII (Sejarah TIK)

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/ MTs : SMP MUHAMMADIYAH 2 SINGARAJA
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi :
  1. 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang.
Indikator :
  1. 1. Menjelaskan tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
  2. 2. Mengidentifikasi sejarah perkembangan komputer
  3. 3. Menjelaskan sejarah perkembangan

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

  1. A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu

  • Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang telekomunikasi
  • Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang informasi
  • Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang etika
  • Mendeskripskan perkembangan TIK beserta fungsinya
  1. B. Materi  Ajar

1) Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

a.  Teknologi Kuminikasi pada Zaman Permulaan

1)      Periode sampai dengan 3000 SM

Cara manusia berkomunikasi pada saat ini masih terbatas, manusia menggambarkan informasi yang mereka dapatkan di dinding-dinding gua perihal berburu dan binatang buruannya.

2)      Periode 3000 SM

Pada periode ini merupakan periode menggunakan tulisan sebagai komunikasi, namum masih berupa sombol-simbol yang dibentuk dari pitograf sebagai huruf.

3)      Periode 2900 SM

Bangsa mesir Kuno telah menggunakan huruf-huruf hileografi untuk berkomunikasi, yang terdiri dari simbol-simbol objek dan simbol-simbol ide dan emosi.

4)      Periode 500 SM

Bangsa Mesir Kuno menggunakan serat papirus sebagai kertas, yang terbuat dari serat pohon papirus.

5)      Periode 105 M

Bangsa Cina menemukan  kertas yang dibuat dari serat bamboo yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan.

b. Telegraf

Pertama kali ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse pada tahun 1872, dimana telegraf pada saat itu menjadi alat komunikasi yang penting.

c.  Telepon

Ditemukan oleh Alexander Graham Bell, sebelum Bell menemukan Telepon sebagai alat komunikasi, Bell pada saat itu masih bekerja pada telegraf.  Telepon ditemukan pada tanggal 10 Maret 1876.

d. Radio

Radio dikembangan oleh penemu-penemu dan teori-teori yang dikembangkan oleh peneliti-peneliti sebelumnya.

e.  Televisi

Televisi pertama kali dikembangkan oleh Amerika Serikat, dimana pada bulan Januari 1955 pertunjukan radio Queen For A Day yang terpopuler berpindah ke televisi.

2) Sejarah Perkembangan Komputer

a. Sejarah Perkembangan Alat Hitung

Pada Zaman dulu nenek moyang kita menggunakan batu krikil, jari tangan dan anggota tubuh lainnya untuk menghitung. Sekitar 1800 tahun yang lalu ditemukannya sempoa(abacus) untuk menghitung, dimana abacus ini merupakan cikal bakal lahirnya komputer. Namun sebelum lahirnya komputer, telah lahir kalkulator sebagi alat hitung secara digital dan cepat.

b.Komputer Generasi Pertama

Yang termasuk komputer pada generasi ini yaitu Mak I, Mark II, Mark III, IBM 702, IBM 704, IBM 709, Eniac, Edvac, UNIVAC I, UNIVAC II, datamatic 1000, CRC, NRC, 102 A, NCR 102 D, Bismac, dan Bizmac II.

Ciri-cirinya yaitu:

1) Program dibuat dalam bahasa mesin.

2) Menggunakan konsep storage program.

3) komponen yang digunakn adalah tabung hampa udara.

4) Ukuran fisiknya besar hingga membutuhkan daya listrik yang besar.

5) Dapat disimpan pada magnetic tape dan magnetic disk.

c. Komputer Generasi Kedua

Komputer pada generasi kedua ini menggantikan bahsa mesin dengan menggunakan bahasa mesin Asssembly, Bahasa Assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggunakan kode-kode biner. Yang temasuk komputer generasi kedua yaitu : LARC, UNIVAC III, HONEYWELL 400 dan sebagainya.

Ciri-ciri komputer generasi kedua yaitu:

1) program yang dibuat dengan bahasa tingkat tinggi, seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.

2) kapasitas memori utama cukup besar.

3) komponen yang digunakan adalah transistor yang jauh lebih kecil dibandingkan tabung hampa udara.

4) menggunakan magnetic tape dan magnetic yang berbentuk removable disk.

5) mempunyai kemampuan proses real-time dan time sharing

6) proses operasinya lebih cepat

7) ukurannya lebih kecil dan membutuhkan sedikit daya listrik

8) orientasinya pada aplikasi bisnis dan teknik.

d.Komputer Generasi Ketiga

Pada genesari ketiga, komputer sudah berubah ukuran menjadi semakin kecil, kemajuan yang lain juga adalah menggunakan sistem operasi. Ciri-ciri komputer pada generasi ketiga yaitu:

1) komponen yang dipakai adalah integrated circuits yang terdiri atas ratusan dan ribuan transistor,

2) proses operasinya jauh lebih cepat dan lebih tepat, kapasitas memori lebih besar,

3) ukuran fisik jauh lebih cepat sehingga jadi lebih hemat listrik,

4) menggunakan magnetic disk yang sipatnya random access,

5) dapat melakukan multiprosessing dan multiprogramming,

6) alat input-output mengalami pengembangan,

7) dapat melakukan komunikasi data dari satu computer dengan computer lainnya.

e. Komputer Generasi Keempat

Microprocessor merupakan ciri khas komputer generasi ke-empat yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal. Yang termasuk jenis komputer generasi keempat yaitu : Pentium I, Pentium II, Pentium III, Pentium IV.

f. Komputer Generasi Kelima

Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor. Negara yang mempeloporinya adalah Jepang. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil.

  1. C. Model/Metode Pembelajaran

Model     : Cooperative script

Metode   : Ceramah,Tanya Jawab, Penugasan

  1. D. Langkah-Langkah Pembelajaran

No Struktur Kegiatan Pembelajaran Waktu

1

Pendahuluan

  1. Menghaturkan panganjali umat
  2. Melakukan absensi dan pengisian jurnal
  3. Guru menyampaikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ingin dicapai.

5 menit

2

Kegiatan Inti

Eksplanasi

  1. Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari

Eksplorasi

  1. Guru menanyakan kepada siswa tentang Sejarah perkembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi
  2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan Sejarah perkembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi
  3. Siswa mengkomunikasikan apa yang meraka tidak ketahui tentang Sejarah perkembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi

Elaborasi

  1. Guru menjelaskan tentang Sejarah perkembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi
  2. Guru menjelaskan beberapa contoh Sejarah perkembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi
  3. Guru menanyakan kepada siswa tentang Sejarah perkembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi

Konfirmasi

  1. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran jawaban yang siswa ajukan
  2. Siswa memberikan lasan mengapa mereka menguraikan jawaban tersebut
  3. Dari alasan tersebut guru mulai menyimpulkan materi Sejarah perkembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi

65 menit

3

Penutup

  1. Guru memberikan pengarahan kepada siswa agar mempersiapkan diri untuk materi selanjutnya
  2. Guru memberikan tugas untuk mengerjakan LKS tentang sejarah komputer

10 menit

E. Sumber Belajar

Alat        : Media Gambar

Bahan     :  LKS (PAKAR)

Sumber   : Buku paket TIK kelas VII terbitan ANDI

Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs kelas VII

  1. F. Penilaian

Teknik : Tes Pilihan Ganda

Tes pilihan ganda (LKS Hal 11)

Skor = Skor Perolehan x 100

10

  1. saya tag y,
    tQ…..

  2. Yhat’s very useful for me ^__^

  3. maaf bleh saya bertanya ?
    jelaskan kelabihan bahasa assembly dibandingkan dengan bahasa mesin .

Leave a comment